Presiden Jokowi Motoran Jajal Tol IKN Sekaligus Resmikan Jembatan Pulau Balang

 


Sumber gambar: rm.id

Ditulis oleh: Laila Luthfi Fadila

 

Bogor, 29 Juli 2024 - Aksi motoran Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama sejumlah menteri dan para selebriti tanah air ini mencuri perhatian warganet. Jokowi mengendarai sepeda motor custom berwarna dominan hijau serta memakai jaket hitam dengan tulisan Nusantara. Momen ini sekaligus mengawali peresmian Jembatan Pulau Balang di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada Minggu (28/7/2024).  

Jokowi menyatakan bahwa Jembatan Pulau Balang merupakan salah satu infrastruktur yang mendukung IKN sebagai bagian dari ruas Jalan Tol IKN. Proyek ini nantinya akan membantu konektivitas dari Kota Balikpapan. Jokowi juga menilai jika jalan tol yang dia lalui bersama rombongan sudah mulus dan nyaman untuk berkendara meskipun belum 100% rampung.  

"Alhamdulillah sore hari ini kita resmikan salah satu infrastruktur pendukung IKN, yakni Jembatan Pulau Balang yang menghubungkan Balikpapan ke Penajam Paser Utara dan ke Kalimantan Selatan. Dibangun sejak 2015 dengan biaya Rp1,43 triliun, dan sudah saya coba juga jalan tolnya. Belum selesai, tapi sudah mulus dan nyaman," kata Presiden di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, dilansir dari Rakyat Merdeka.id pada Minggu (28/7/2024).  

Jokowi juga menjelaskan dengan adanya pembangunan proyek ini, akan membuat waktu tempuh dari Kota Balikpapan ke IKN menjadi lebih cepat daripada sebelumnya. 

"Dengan adanya Jembatan Pulau Balang, waktu tempuh dari Balikpapan ke IKN menjadi lebih cepat yang sebelumnya 2,5 jam menjadi 1,5 jam. Saat ini, pembangunan jembatan sudah hampir selesai dan sedang dalam proses perbaikan visual," ujar Jokowi. 

Jokowi didampingi oleh para menteri dan orang-orang penting. Di antaranya adalah Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, yang juga merupakan Plt. Kepala Otorita IKN, dan Raja Juli Antoni, Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). 

Sementara itu, banyak artis dan influencer yang ikut konvoi bersama Jokowi termasuk Raffi Ahmad, Nagita Slavina, Atta Halilintar, Aurel Hermansyah, Irwansyah, Zaskia Sungkar, Gading Marten, Ananda Omesh, Dian Ayu Lestari, Poppy Sovia, Ferry Maryadi, dan Willie Salim. 

Jokowi telah memberikan mandat kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang juga Plt. Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuljono untuk segera menyelesaikan pembangunan jalan tol tersebut. Serta, penghijauan di sekitar jalan tol juga harus menjadi prioritas.  

"Meskipun itu belum selesai, masih ada 1 layer lagi di atasnya nanti langsung kelihatan mulusnya nanti. Tapi yang paling penting kanan kiri saya minta ke Pak Menteri PU harus super hijau," ujar Jokowi dikutip dari Suara.com. 

Selain pembangunan jalan tol, pembangunan duplikasi Jembatan Pulau Balang Bentang Pendek dan pengecatan Jembatan Pulau Balang juga sedang berlangsung. Dua proyek ini penting untuk melengkapi Jembatan Pulau Balang Bentang Pendek yang lama dan menghubungkannya dengan Jembatan Pulau Balang yang sudah selesai. 


Posting Komentar

0 Komentar