Seminar Ekonomi Kreatif UMKM Tangguh, Sebuah Upaya Pemasaran UMKM Lebih Maju

 

Sumber Gambar: Novia Debe Aprillia

Ditulis Oleh: Novia Debe Aprillia


Jakarta, 18 Juli 2024 – PT Inti Ganda Perdana (IGP) menyelenggarakan seminar UMKM Tangguh  dengan tajuk pembahasan “Teknik Pemasaran, Keselamatan, dan 5R”. Kegiatan ini dilakukan agar membantu masyarakat bangkit terutama para ibu rumah tangga dan lainnya agar bisa mengembangkan usaha dan juga membantu perekonomian masyarakat.  

Acara Seminar yang diadakan pada Kamis (18/7/2024) di Aula Kantor Sekretariat RW 02 Pegangsaan Dua, mendapat antusias dari para warga. Sebanyak 38 orang turut hadir memenuhi ruangan aula. Acara yang dimulai pada pukul 10.00 WIB ini dibuka oleh moderator yaitu Bapak Rizki Rahmanto (PT IGP - PIC CSR). Dilanjut pemaparan materi dengan tema “Pencegahan Kebakaran” oleh Bapak Haji Aji selaku Ketua RW 02. Beliau menyampaikan tentang tindakan preventif yang bisa dilakukan ketika menghadapi kebakaran. Tentunya akan membantu masyarakat terutama keluarga dalam menyelamatkan diri maupun rumah dari kerugian akibat kebakaran. Beliau juga mempraktikan tata cara menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan).

Salah satu UMKM yang bergerak di RW 02 adalah UMKM PGS 202 (Pegangsaan 02 RW 02) yang aktif menjual produk susu kedelai. Produk ini merupakan hasil kerja sama antara corporate social responsibility (CSR) dengan UMKM PGS 202. Susu kedelai di seminar UMKM Tangguh ini sudah ramai dipasarkan di berbagai perusahaan, kecamatan, kelurahan, bahkan di walikota. Susu ini sudah memiliki izin produksi, sertifikat halal, dan saat ini masih dalam proses mendapat izin BPOM. Terhitung hampir 12 ribu botol terjual setiap bulannya pada masa pemilihan presiden. Alasan memilih susu kedelai sebagai produk jualan, dikarenakan bahan-bahan produksi yang masih terjangkau harganya dan mudah didapat. 

“Diharapkan dengan adanya kerjasama antara UMKM PGS 202 dengan corporate social responsibility (CSR) dapat membuat Umkm ini semakin tangguh, dapat bermanfaat membantu mengurangi pengangguran dan kemiskinan,” ujar Bapak Rizki Rahmanto selaku CSR PT IGP, pada Kamis (18/7/2024) di Aula Kantor Sekretariat RW 02 Pegangsaan 02. 

Untuk meramaikan acara, seminar ini dilengkapi dengan hadiah Doorprize yang ditujukan untuk warga yang berani bertanya dan menjawab seputar materi yang disampaikan. Seperti salah satu warga yang ikut berpartisipasi yaitu Ibu Dedeh yang bahkan mendapat kupon belanja senilai Rp50.000 karena berani melakukan praktik APAR (Alat Pemadam Api Ringan) berdasarkan arahan pemateri sebelumnya 

Materi dilanjut oleh Ibu Dwi Febrianti selaku Supplier PT IGP dari PT Aichi Forging Indonesia (AFI) dengan tema “Penerapan 5R dalam UMKM”. 5R sendiri merupakan ringkas, rapi, resik, rawat, dan rajin. Menurutnya 5R merupakan faktor penting yang harus diterapkan jika suatu UMKM ingin maju dan berkembang sukses. Pemaparan materi terakhir dengan tema “Trik Pemasaran” oleh Bapak Imam dari PT GKD - PIC CSR, dalam materi tersebut, beliau memberikan berbagai tip pemasaran seperti berpikir kreatif dan inovatif, memahami pelanggan, serta membuat anggaran yang realistis dan memantau arus kas. Menurutnya, strategi pemasaran yang efektif menjadi kunci utama dalam memenangkan hati konsumen dan mensukseskan bisnis. 

“Diharapkan dengan adanya seminar ini bisa meningkatkan pendapatan UMKM Tangguh serta bisa konsisten menjaga kualitas produk susu kedelai,” ujar Bu Wina selaku Pembina UMKM Tangguh sekaligus Ketua RW 02 Pegangsaan 02. 

Dengan demikian, mengadakan seminar UMKM adalah upaya untuk mendukung dan memajukan bisnis kecil dan mikro serta mempromosikan pertumbuhan ekonomi. Hal ini menjadi langkah penting dalam mendukung ekonomi lokal dan memperluas peluang yang lebih besar bagi semua pelaku usaha.


Posting Komentar

0 Komentar