Peran Posko Universitas BSI Dalam Penyaluran Bantuan Untuk Korban Kebakaran Manggarai

 

Ditulis oleh: Dede Fenti Suharti

Sumber gambar: Afif Septian

 

Jakarta, 27 Agustus 2024 – Ormawa (Organisasi Mahasiswa) Universitas BSI mendirikan posko penyaluran bantuan terhadap korban kebakaran Manggarai yang terjadi pada 13 Agustus 2024 lalu. Posko ini sudah berdiri sejak tanggal 15 Agustus 2024 dan melibatkan mahasiswa dari berbagai cabang kampus Universitas BSI untuk berkumpul dan membantu mendirikan posko.

Posko ini didirikan untuk membuktikan kepada masyarakat bahwasannya mahasiswa Universitas BSI memiliki jiwa kemanusiaan yang menjalankan salah satu Tri Dharma perguruan tinggi, yaitu pengabdian terhadap masyarakat yang cepat, tanggap, dan sadar akan kepedulian. 

Terdapat dua posko yang terletak di RW 12, dan RW 06 untuk memastikan bantuan yang disalurkan tepat dan memenuhi kebutuhan korban kebakaran. Jenis bantuan yang telah disalurkan berupa baju layak pakai, sembako, makanan (nasi dan lauk), hingga kabel listrik sebagai alternatif untuk penerangan. Saat ini para relawan dari Universitas BSI sedang membantu membuat dapur umum dan ikut serta dalam pembersihan puing-puing.

Sumber dana yang digunakan oleh posko Universitas BSI berasal dari donasi yang diselenggarakan secara online dan offline. Dimulai dari penyebaran flyer secara masif hingga turun ke jalan melakukan aksi penggalangan dana di beberapa lokasi. Mereka juga mengumpulkan baju layak pakai untuk dijual dengan cara thrifting untuk penambahan uang donasi.

“Untuk sumber dana kita dapatkan dari donasi online dan offline (turun ke jalan) dari penyebaran flyer secara masif dan secara offline, yaitu turun ke jalan melakukan aksi galang dana di beberapa lokasi. Selain itu baju yang masih layak pakai pun kita olah secara baik untuk mendapatkan tambahan uang donasi dengan cara kita jual thrifting dikarenakan sudah menumpuk sekali untuk bantuan baju dan daripada sayang jika dibuang, maka kita coba jual dan uangnya untuk donasi,” ungkap Afif Septian selaku ketua umum sekaligus penanggung jawab Keluarga Besar Mahasiswa Universitas (KBM) BSI Dewi Sartika, Selasa (27/08/2024).

Para Ormawa Universitas BSI juga bekerja sama dengan beberapa organisasi, salah satunya Margasatwa Community yang bekerja sama dalam pengelolaan posko Universitas BSI. Ormawa juga kedatangan Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU), NOVO CLUB, dan PT Petronesia Benimel untuk ikut serta memberikan bantuan terhadap korban kebakaran. 

Dengan adanya posko Universitas BSI masyarakat merasa sangat terbantu dan memberikan respon yang positif terhadap relawan dari Universitas BSI. Para warga juga sangat antusias untuk datang ke posko Universitas BSI untuk membagi cerita dan kisahnya kepada relawan posko Universitas BSI tentang bagaimana kondisi rumahnya yang sudah habis terbakar, tentang bagaimana mereka mempertahankan wilayahnya walaupun mereka harus tidur dan tinggal dengan kondisi rumah yang telah habis dilahap api, serta anak-anak yang mengalami trauma.


Posting Komentar

0 Komentar