Menyambut Mahasiswa Baru, Universitas BSI Meriahkan Acara Seminar Motivasi 2024



Sumber gambar: Ayu

Ditulis oleh: Dede Fenti Suharti

Jakarta, 22 September 2024 – Universitas Bina Sarana Informatika telah berhasil menyelenggarakan acara Seminar Motivasi (SEMOT) 2024. Sudah menjadi tradisi Universitas BSI menyelenggarakan acara Seminar Motivasi (SEMOT) untuk menyambut para mahasiswa baru.

Seminar Motivasi 2024 yang diselenggarakan pada 22 September 2024 mengusung tema Bring Light to the World. SEMOT 2024 dihadiri 8.000 mahasiswa baru dari berbagai cabang di Jadetabek dan kampus PSDKU Karawang, yang dilaksanakan secara langsung di BSI Convention Center, Bekasi, Kaliabang, dan disiarkan melalui channel YouTube “Kuliah BSI”. 

Acara ini dibuka dengan kegiatan apel, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars BSI, lalu dilanjut dengan melakukan konfigurasi papermob di lapangan utama. Serta dimeriahkan dengan berbagai macam penampilan yang ditunjukkan kepada mahasiswa baru, salah satunya adalah pertunjukan parade oleh seluruh organisasi mahasiswa (ormawa) yang ada di Universitas BSI. Terdapat dua sesi berdasarkan baju, yaitu sesi ganjil berwarna Merah, dan sesi genap berwarna Biru. Pada saat sesi ganjil, para mahasiswa baru memasuki Venue Convention Hall untuk mengikuti serangkaian acara utama yang ada di dalam auditorium. 

Acara yang terselenggara di dalam auditorium dipandu oleh MC, yaitu Gideon Ravael Juantirta, Anes Monica, dan Rangga Febrianto. Sepanjang acara, berbagai penampilan yang sangat memukau dipertunjukkan, di antaranya ada pertunjukan Tari Wonderland Universitas BSI, pertunjukan tarian modern dari grup tari pria Levanter dan grup tari wanita Call Team, dan di akhir acara ada penampilan musik dari Abidin dan Kokom. Maskot Sobi dan Sobita juga ikut menyapa mahasiswa baru dan ikut memeriahkan acara. Selain pertunjukan hiburan yang ditampilkan, terdapat pembacaan Deklarasi oleh Ketua Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM) dan sambutan dari Prof. Dr, Ir. Mochamad Wahyudi, M.Kom., M.M,. M.PD,. IPU, ASEAN Eng, selaku Rektor Universitas BSI. Kemudian mahasiswa baru dikenalkan tentang penggunaan Aplikasi Universitas BSI, seperti MyBest dan MyUbsi yang dijelaskan oleh MC. 

Acara ini juga kedatangan pimpinan pimpinan penting Universitas BSI seperti 

  • Diah Puspita Sari selaku Wakil Rektor Akademik
  • Suharyanto selaku Wakil Rektor Bidang Non-Akademik
  • Dwi Astuti selaku Kepala Biro Administrasi dan Umum
  • Feri Rianto selaku Ketua Teknologi Informasi
  • Irmawati Carolina selaku Kepala Administrasi Mahasiswa
  • Suriadi selaku Ketua Sistem Informasi, dan 
  • Dekan Fakultas Ekonomi dan Manajemen 

Para pimpinan Universitas BSI ini menyapa para mahasiswa baru dan mengabadikan momen di dalam auditorium dengan foto bersama. 

Kemudian mahasiswa baru juga diberikan motivasi dari mahasiswa berprestasi unggul dalam tema talkshow inspirasi dengan pembicara oleh beberapa mahasiswa berprestasi dan alumni sukses yang menginspirasi, di antaranya adalah:

  • Adam Daweris, mahasiswa dari prodi Administrasi Bisnis D3, Fakultas Ekonomi & Bisnis, yang merupakan Awardee IISMA 2024 ke Daegu Catholic University, Korea
  • Akmal Surya Saputra, mahasiswa dari prodi Sastra Inggris, Fakultas Komunikasi & Bahasa, yang merupakan Awardee IISMA 2024 ke University of Warsaw, Polandia
  • Shafa Callista Raihana Arif, mahasiswi dari prodi Sastra Inggris, Fakultas Komunikasi & Bahasa, yang merupakan Awardee IISMA 2024 ke Universitat Pompeu Fabra, Spanyol
  • Ashylla Humaira, mahasiswi dari prodi Sastra Inggris, Fakultas Komunikasi & Bahasa, yang merupakan Alumni IISMA 2023 ke Universiti Kebangsaaan Malaysia, Malaysia
  • Refina Ananda Ruhibianti, seorang penyanyi
  • Affan Wahyudin, Juara 1 Pekan Mahasiswa Se-Daerah DKI Jakarta di kategori Penyanyi Dangdut Pria
  • Rifda Wahyuningrum P, mahasiswi yang mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2024
  • Minda Yustrisna Devi, seorang penulis buku dan jurnal
  • Yuki Saidi Moses, seorang livestream supervisor di Holdstore.id
  • Inas Zhafirah, Pemenang Favorit “Duta Baca Kota Depok 2024”
  • Tradisi Prajna Jaya, Juara 1 Nasional Barongsai 2022
  • Muhammad Fadli, seorang wirausaha
  • Deddy Dermawanto, Owner DJ Custom
  • Salma Dwi Zahwa, Alumni IISMA 2022 ke Hanyang University, Korea
  • Nendy Fernandy Ramadhan, Dirut Head of Country-SeeMeCV & PT.Genius Space Education
  • Gisel Siregar, Senior Tech Coach Pt.Orbit Future Academy
  • Riswan Karto, Dirut CV. Raya Muda Nusantara
  • Singgih Ardianto, Staff IT Virtual & Middleware Operations PT Bank Permata
  • Angelica Maya Nirmalasari, Departement Finance Accounting Invoicer Staff PT.Bali Lestari Ekajaya

Hadir pada SEMOT 2024, dua Putri Indonesia juga turut memberikan motivasinya kepada mahasiswa baru, yaitu Kania Pramesty, Putri Indonesia Jawa Tengah 2024 dan Mahasiswi Akuntansi Universitas BSI, serta Sindy Novela, Putri Indonesia Jambi 2023 dan Mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas BSI.

Acara ini juga meluncurkan program Edukasi Inklusi Pasar Modal yang merupakan kerja sama Universitas BSI bersama Bursa Efek Indonesia dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan dan ekonomi sebagai wujud komitmen BEI dalam investasi modal ilegal. 

Acara ini disponsori oleh IDX, Philip Sekuritas, Investor Saham, Cmse, Pasar Modal Kampus Digita Kreatif, serta terdapat media partner, yaitu Sobat Sekolah Indonesia, Pantura terkini.com, Sukabumihitz.com, KhatulistiwaHitz, dan SoloHitz.com.

Sementara itu, sesi genap mengikuti acara yang diadakan di luar Venue Convention Hall seperti mengikuti kegiatan Seminar Tematik, melihat penampilan yang ditampilkan di panggung Ormawa Expo, dan mengunjungi Booth Ormawa. Selain itu, terdapat bazar makanan dan minuman yang tersedia, serta Bazaar Elektronik yang ikut serta dalam memeriahkan acara. 

Anindri, salah satu mahasiswa baru Universitas BSI, membagikan pengalamannya dalam mengikuti SEMOT 2024 saat diwawancarai oleh UKM Jurnalistik UBSI.

“Pengalaman yang berkesan buat aku ini ya pas konfigurasi paper mob itu. Karena aku duduk di depan layar banget. Jadi keliatan kan itu keren banget benar-benar bagus hasilnya,” ungkap Anindri di Universitas BSI Kaliabang (22/9/2024).

“Selain itu, aku juga ikut seminar tentang mahasiswa eksis, itu seru banget. Terus karena aku kan orangnya introvert ya, jadi aku pengen nyoba hal yang belum pernah aku coba kayak presentasi ngomong di depan banyak orang, berani tampil, dan mau mencoba keluar zona nyaman,” lanjut Anindri.

Posting Komentar

0 Komentar