Terkesan Tidak Menghargai Atlet yang Sudah Berjuang, Metro TV Sebut Medali Perunggu Gregoria Sebagai Giveaway

 

Ditulis oleh: Novia Debe Aprillia 

Sumber gambar: Gelora News


Jakarta, 15 Agustus 2024 – Olimpiade Paris 2024 telah resmi berakhir setelah berlangsungnya upacara penutupan di Stade de France, Saint-Denis pada Senin  (12/8/2024). Seperti yang diketahui, Olimpiade Paris 2024 mempertandingkan 329 nomor di 32 cabang olahraga, Indonesia pun turut bergabung dalam Olimpiade Paris 2024. Sebanyak 18 wakil Indonesia lolos ke Olimpiade Paris 2024 dan berhasil meraih tiga medali melalui tiga cabang olahraga berbeda. 

Medali pertama Indonesia, berupa perunggu yang dipersembahkan oleh Gregoria Mariska Tunjung ini menjadi ramai dibicarakan di media sosial setelah salah satu stasiun televisi, yaitu Metro TV dalam program Metro Siang, memberitakan kemenangan Gregoria sebagai “medali giveaway pertama.” Istilah giveaway sendiri merujuk pada pemberian cuma-cuma atau gratis kepada seseorang. 

Sebelumya, Metro TV dalam program Metro Siang menampilkan cerita tentang kontribusi Indonesia di Olimpiade Paris 2024, dengan narasi “Cerita Olimpiade Indonesia.” Pada layar, terdapat tiga atlet yang meraih medali seperti Veddriq Leonardo dan Rizki Juniansyah yang mendapatkan medali emas, sedangkan Gregoria Mariska Tunjung disebut sebagai “Penerima Medali Giveaway Pertama.”  

Hal ini tentunya mengundang amarah dari para netizen karena narasi “giveaway” terkesan tidak menghargai atlet yang sudah berjuang mengharumkan nama Indonesia. Pihak Metro TV pun akhirnya meminta maaf melalui video yang diunggah oleh akun @Metro_Tv usai diserang cacian dari para warganet.

“Pemirsa, kami menyampaikan permintaan maaf dan klarifikasi atas tayangan terkait perolehan medali Kontingen Indonesia di Olimpiade Paris 2024 yang keliru dan tidak tepat,” ucap news anchor Metro TV Valentinus Resa.


Posting Komentar

0 Komentar