Berkibarlah Sang Merah Putih: Megahnya Upacara Kemerdekaan 17 Agustus 2024 di IKN Nusantara

 

Ditulis oleh: Novi Ramadona Fitriyani 

Sumber gambar: Tempo.co 

 

Jakarta, 18 Agustus 2024 - Pada tanggal 17 Agustus 2024, Indonesia berhasil menyelenggarakan Upacara Pengibaran dan Penurunan Bendera Merah Putih di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur. Acara tersebut menjadi penting sebagai peringatan HUT RI ke-79 Republik Indonesia, di mana Presiden Joko Widodo menjadi inspektur upacara dan menjabat sebagai presiden untuk terakhir kalinya dalam 10 tahun ke belakang. 

Upacara pengibaran dan penurunan Bendera Merah Putih di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur pada 17 Agustus 2024 menandai peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia. Rangkaian acara dimulai sejak dini hari, yaitu pada pukul 00.00 WITA dengan Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Kusuma Bangsa IKN. 

Pengibaran Bendera Merah Putih pada upacara peringatan HUT ke-79 yang dilaksanakan di IKN pada tahun ini dilakukan oleh 76 anggota Paskibraka dari 38 provinsi. Livenia Evelyn Kurniawan, anggota Paskibraka dari Kalimantan Timur, terpilih sebagai pembawa baki dalam upacara peringatan HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara. 

Upacara peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia tidak hanya dilaksanakan di IKN, melainkan juga di Istana Merdeka, Jakarta secara bersamaan yang dipimpin oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Namun, setiap tempat pelaksanaan didahului dengan tembakan meriam sebanyak 17 kali, diikuti dengan bunyi sirine selama satu menit. 

“Untuk mengenang jasa para pahlawan dan pejuang bangsa, khususnya pendiri bangsa, Bapak Bung Karno dan Bung Hatta, mengheningkan cipta dimulai,” ucap Presiden yang diikuti oleh seluruh peserta upacara. Setelah mengheningkan cipta, Menteri Agama Yaqud Cholil Qoumas memandu pembacaan doa.

Peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia di IKN menjadi momen penting bagi bangsa Indonesia, di mana setiap detik menjadi simbol penghormatan terhadap para pahlawan dan perjuangan bangsa. Penampilan Paskibraka dan pelaksanaan acara yang khidmat juga menggambarkan semangat nasionalisme dan persatuan yang tetap terjaga.

Seiring dengan berakhirnya kepemimpinan Presiden Jokowi, peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia di IKN pada 17 Agustus 2024 juga menjadi tonggak awal bagi perjalanan baru Indonesia. Acara peringatan HUT RI memperlihatkan nuansa semangat nasionalisme dan persatuan yang tetap terjaga, sekaligus memotivasi masyarakat Indonesia untuk terus bekerja dan berjuang untuk masa depan yang lebih baik.  

Posting Komentar

0 Komentar