Sumber gambar: Arianto Supriadi
Jakarta, 23 September 2025 — Dalam rangkaian kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2025 yang dibuka dengan Seminar Motivasi (SEMOT), Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) kembali mengadakan Ormawa Expo BSI Kreatif 2025 yang berlangsung di BSI Convention Center, Bekasi pada Minggu (21/9/2025).
Mengusung tema besar “Our Best Future”, Ormawa Expo tidak hanya bertujuan memperkenalkan ormawa, tetapi juga mengisi waktu mahasiswa baru agar lebih produktif saat menunggu sesi SEMOT. Melalui kegiatan ini, mahasiswa diharapkan mampu mengenal potensi diri, menyalurkan minat dan bakat, serta berprestasi melalui organisasi yang nanti mahasiswa baru akan ikut sertakan.
Salah satu unit kegiatan mahasiswa (UKM) yang menghadirkan suasana baru melalui konsep boothnya adalah UKM Jurnalistik, konsep booth yang bertajuk “The Colour of Jurnalistik.” Dekorasi booth dipenuhi dengan dekorasi foto kegiatan yang saling terhubung dari masing-masing cerita dari foto kegiatan tersebut menggunakan benang wol berwarna merah, serta dominasi warna biru khas UKM Jurnalistik. Konsep ini menghadirkan kesan informatif, kreatif, dan sederhana, serta menegaskan bahwa UKM Jurnalistik tidak hanya soal menulis, melainkan juga bercerita lewat foto, desain, dan karya visual.
Meski persiapan dilakukan dalam waktu singkat, seluruh panitia mampu menyatukan ide berkat pembagian jobdesk yang efektif dan koordinasi yang solid. Kekompakan tim membuat setiap kendala dapat teratasi hingga menghasilkan tampilan booth yang maksimal.
Antusiasme mahasiswa baru terlihat jelas. UKM Jurnalistik menargetkan 50 pendaftar justru berhasil melampaui ekspektasi. Sebanyak 500 brosur habis dibagikan kepada pengunjung, “Choose Me.” Menjadi salah satu permainan interaktif yang disiapkan UKM Jurnalistik. Dalam permainan ini, peserta dapat memilih salah satu dari tiga tokoh jurnalis, yaitu Rosiana Silalahi, Najwa Shihab, atau Andy F. Noya. Setelah memilih, peserta ditantang untuk menemukan empat foto tokoh tersebut, di antara 16 foto tersembunyi hanya dalam waktu 10 detik. Pemenang mendapat hadiah berupa Beng-beng, kipas, dan stiker.
Sebagai ikon, booth UKM Jurnalistik menampilkan figur Najwa Shihab dan Rosiana Silalahi. Keduanya dipilih karena identik dengan dunia jurnalistik dan broadcasting, menjadi simbol semangat profesionalisme sekaligus inspirasi bagi anggota UKM Jurnalistik.
Kehadiran UKM Jurnalistik dalam Ormawa Expo dapat semakin memperkenalkan organisasi ini sebagai wadah kreativitas mahasiswa. Mahasiswa baru diajak bergabung karena UKM Jurnalistik menawarkan berbagai keterampilan, mulai dari menulis, public speaking, desain grafis, fotografi, hingga video editing. Selain itu, bergabung di UKM ini juga menjadi kesempatan untuk menambah relasi, pengalaman, dan proses belajar berharga di dunia kampus.
Yesni Malau, M.Kom, dosen Prodi Ilmu Komputer yang bertugas sebagai sie acara Ormawa Expo, mendukung terselenggaranya kegiatan ini agar mahasiswa baru dapat lebih mengenal ormawa yang ada di kampus UBSI.
Kemeriahan Ormawa Expo juga semakin terasa lewat parade atribut, yel-yel, serta pertunjukan bakat dari berbagai organisasi mahasiswa. Booth UKM Jurnalistik sendiri disiapkan secara DIY (Do It Yourself) yaitu konsep membuat, memperbaiki, atau memodifikasi sesuatu dengan kreativitas sendiri. Dalam hal ini, tim UKM Jurnalistik menggunakan bahan sederhana seperti, karton, gabus timbul, print artikel, dan cat tangan. Dengan dukungan anggaran Rp1,5 juta serta total panitia 30 orang dengan 2–3 orang tidak hadir saat pelaksanaan, konsep kreatif ini berhasil diwujudkan meski beberapa anggota berhalangan hadir.
Hasil dekorasi yang unik, interaksi yang meriah, dan semangat profesionalisme, UKM Jurnalistik membuktikan diri sebagai organisasi yang tidak hanya berfokus pada pers, tetapi juga menjadi wadah tumbuhnya kreativitas mahasiswa. Ormawa Expo 2025 pun semakin berwarna dengan hadirnya “The Colour of Jurnalistik.”
0 Komentar